Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur Katakan Ruang Command Center Untuk Memantau kinerja OPD Dan Kegiatan Masyarakat

Avatar
banner 120x600

Parit Malintang, ( PEWARTAINVESTIGASI ) Gubernur Propinsi Sumatra Barat, yang diwakili Kepala Dinas Diskominfotik Siti Aisyah bersama Bupati Suhatri Bur secara langsung meresmikan Ruang Command Center Kabupaten Padang Pariaman yang berada di lantai dua Kantor Bupati di Kawasan IKK Parit Malintang itu, Selasa 12/9/2023.

Pada peresmian tersebut ikut hadir mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis bersama unsur Forkopimda, dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Padang Pariaman. Tampak juga hadir Camat, Wali Nagari, Kepala SMP, dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Padang Pariaman.

Selain itu juga dihadiri jajaran Direksi PLN Icon Plus. Hadir mewakili Direktur Bisnis Konektivitas Panca Prattamto Vice President Man Penjualan Segmen Pemerintahan Energi, Konstruksi dan Hospitality, Handi Sanjaya GM PLN Icon Plus SBU Sumbagteng, dan Eric Rossi Priyo Nugroho General Manajer PLN UID Sumbar beserta jajaran.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya ,menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Direksi Icon Plus yang berkontribusi penuh, sehingga terwujudnya Command Center ini. Dia bertekad akan memfungsikan dan memanfaatkan Command Center ini sebagaimana mestinya.

“Pemkab Padang Pariaman akan menjadikan Command Center ini sebagai pusat pengendalian informasi dan pemantauan kondisi kinerja jajaran,” katanya.

BACA JUGA:   Frantinus Lisan alias Hasan, Salah Satu Warga Kecamatan Parindu Ikut Memasang Spanduk atau Flayer Beri Pernyataan Tertulis Kepada Media

Ditambahkan Suhatri Bur, bahwa sarana dan media yang tersedia di ruang Command Center diakuinya memang masih jauh dari yang diharapkan. Makanya, dia berharap dalam pengembangannya nanti ada dukungan dan perhatian dari Icon Plus maupun pemerintah provinsi. Sehingga pengadaannya bisa mencapai tahap kesempurnaan.

“Mohon juga perhatian dari semua pihak, untuk peningkatan pelayanan secara digitalisasi melalui integrasi Commad Center ini, termasuk nanti perhatian Icon Plus kembali,” imbuhnya.

Sementara itu, mewakili Gubernur Sumatera Barat Kepala Diskominfotik Siti Aisyah menyatakan ikut mensupport dan mendukung Pemkab Padang Pariaman dalam mengoptimalkan implementasi gerakan smart city di wilayahnya. Harapannya, Pemkab Padang Pariaman semakin dapat berinovasi dengan adanya Command Center ini untuk mewujudkan pelayanan publik yang dapat memudahkan di era digital ini.

“Pemerintah Provinsi Ikut mendukung program ini, mudah-mudahan nantinya dapat lebih dimaksimalkan dalam pelayanan kepada masyarakat, termasuk dalam membuat kebijakan yang cepat dan tepat, serta berpihak pada kepentingan publik,” terangnya menambahkan.

Dari pihak PLN Icon Plus Panca Prattamto Vice President Man Penjualan Segmen Pemerintahan Energi, Konstruksi dan Hospitality menyatakan, Icon Plus hadir ikut membantu dan mendukung implementasi smart city di Kabupaten Padang Pariaman. Pengakuannya, inilah hasil kunjungan Bupati ke kantornya tahun lalu.

BACA JUGA:   Dewan Penasehat Dukung Keputusan Dewan Kehormatan PWI Pusat, Nasib Hendri Bangun di Ujung Tanduk

“Pihak Icon Plus menghibahkan satu ruangan Command Center sebagai Center Operation City, dan Kami sangat mendukung, mensupport pengembangan ke depan,” terangnya.

Dilanjutkan lebih luas oleh Panca bahwa Command Centre ini akan sangat berguna dalam mengambil keputusan yang cepat dan tepat bagi pimpinan daerah. Karena katanya, di Command Centre berkumpul semua informasi, segala kebutuhan data, mudah mengfungsikan peran pengawasan pengendalian dari seorang kepala daerah terhadap perangkat daerahnya.

“Keputusan yang cepat dan tepat dapat diambil, karena segala kebijakan pertimbangan sudah dapat diakses dalam satu ruangan ini,” tuturnya menambahkan.

Kemudian Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman Zahirman dalam laporannya menyebutkan, pembangunan gedung Command Centre ini bertujuan untuk mendukung implementasi gerakan Smart City. Pemanfaatannya akan dapat menghadirkan berbagai kemudahan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Seluruh kebutuhan data akan dipadukan disini, dan Pak Bupati bisa melakukan pemantauan dan pengawasan dari ruangan Command Centre tersebut,” terang Kadis Kominfo Padang Pariaman.

Ketua panitia Zahirman mengungkap, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah memiliki super up aplikasi Intan Bernik. Dengan media Command Centre, Intan Bernik akan dijadikan induk seluruh data lintas kebutuhan akan terintegrasi dan terkoneksi dalam satu ruangan pemantauan.

BACA JUGA:   Pengunaan Anggaran Pemeliharaan Berjumlah Ratusan Juta di Sekretariat DPRD OKI Diragukan Realisasinya

“Terima kasih jajaran Direksi Icon Plus, dengan teknologi yang ada Padang Pariaman akan ada dalam satu ruangan dan genggaman,” tambahnya melaporkan.

Pada peresmian ini, pihak Icon Plus yang diwakili General Manager SBU Sumatera Bagian Tengah Handy Sanjaya, mempresentasikan progres dan target kontribusi Icon Plus dalam mewujudkan program smart city di Padang Pariaman.

Pada kesempatan tersebut, Handy Sanjaya kembali memaparkan, bukan hanya bekerjasama dengan lintas OPD dan lembaga, bahkan pihaknya juga memasarkan langsung kepada masyarakat dengan menghadirkan produk iconet.

Pada prosesi peresmian juga dirangkai dengan penyerahan ruang Command Centre dari pihak Icon Plus kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Dan diakhiri dengan pengguntingan pita oleh Kepala Diskominfotik Sumbar Siti Aisyah didampingi Bupati Suhatri Bur, Wakil Ketua DPRD Risdianto serta Kapolres Padang Pariaman.

Kegiatan disaksikan yang disaksikan langsung oleh jajaran Direksi Icon Plus,Wakil Ketua DPRD Risdianto beserta tamu undangan lainnya. Suhatri Bur yang pernah Wabup ini, melanjutkan dengan pemaparan dan pengenalan Command Centre yang sangat mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak yang hadir termasuk para Wartawan yang posko dilingkungan Pemkab Padang Pariaman.( NNL)..

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *