banner 728x250

Jajaki Kerjasama, PPWI Pidie Jaya Lakukan Audiensi dengan Wakil Bupati Pidie Jaya

Avatar
banner 120x600
banner 468x60

Pidie Jaya – (PEWARTAINVESTIGASI) Dewan Pengurus Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPC PPWI) Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, melakukan kunjungan audiensi ke Pendopo Wakil Bupati Pidie Jaya, Jumat, 15 September 2023. Pengurus PPWI Pidie Jaya diterima langsung oleh Wakil Bupati Pidie Jaya, Dr. H. Said Mulyadi, SE, M.Si.

Pada pertemuan tersebut, team PPWI Pidie Jaya dipimpin oleh Wakil Ketua, M. Iqbal, didampingi Bendahara, Meugah Gunama. Hadir juga koordinator bidang Humas, Nyamalik Winarsih, serta Investigasi dan Publikasi, Hermansyah.

banner 325x300

Selain untuk mempererat silahturahmi, tujuan dari pertemuan ini adalah untuk menjalin dan menjajaki bentuk kerjasama yang dapat dilakukan antara para pewarta warga PPWI dengan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya. Hal ini dipandang penting mengingat kekuatan publikasi, baik melalui media online, media sosial, maupun jaringan pertemanan di group-group WhatsApp, dapat mendukung kelancaran arus informasi dari pemerintah kepada masyarakat ataupun sebaliknya.

Melalui kegiatan pewarta warga juga akan terbentuk sistem publikasi program pembangunan ke masyarakat luas yang lebih partisipatif dari semua pihak. Dengan demikian, masyarakat akan mengetahui dan memahami apa saja program yang sudah, sedang, dan akan dijalankan di Kabupaten Pidie Jaya.

Wakil Bupati Pidie Jaya, yang biasa disapa Waled, menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kehadiran PPWI di kantornya. Waled mengharapkan pertemuan tersebut menjadi awal terbentuknya jalinan komunikasi antara Pemkab Pidie Jaya dengan PPWI.

“Dalam kondisi dunia yang semakin kompleks dan saling terhubung satu dengan lainnya lewat media yang semakin terbuka, kerjasama antar semua pihak harus dibangun dan diperkuat. Seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Pidie Jaya harus saling bersinergi agar informasi dapat tersampaikan dengan benar kepada masyarakat. Kami menyambut baik kehadiran PPWI untuk menjadi bagian dari sistem publikasi di Kabupaten Pidie Jaya yang kita cintai ini,” ujar Waled kepada para pengurus PPWI Pidie Jaya.

BACA JUGA:   Bupati Way Kanan Tegaskan Camat Hingga Kepala Kampung Ikut Serta Menggali Potensi Pajak Daerah

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua PPWI Pidie Jaya, M. Iqbal, memberikan gambaran singkat tentang eksistensi pewarta warga yang telah menyebar di seluruh pelosok nusantara, termasuk di wilayah Kabupaten Pidie Jaya. Iqbal juga menginformasikan bahwa keberadaan dan keanggotaan PPWI saat ini telah melintas ke beberapa negara lainnya.

Senada dengan Iqbal, Bendahara PPWI Pidie Jaya, Meugah Gunama, menyampaikan bahwa anggota PPWI sudah ada di 25 propinsi dan lebih dari 152 kabupaten dan kota di Indonesia. “PPWI juga sudah memiliki anggota dan perwakilan di lebih dari 20 negara di dunia, antara lain di Malaysia, Jepang, China, Taiwan, Hongkong, Belanda, Perancis, Libanon, Arab Saudi, Oman, Libya, Mesir, dan beberapa negara di Afrika, Amerika, serta Amerika Latin,” jelas Meugah Gunama.

Sementara itu Humas PPWI Pidie Jaya, Nyamalik Winarsih, menjelaskan bahwa PPWI adalah organisasi masyarakat yang mewadahi para wartawan dan pewarta warga. Selain menjalankan fungsi jurnalistik, PPWI juga melakukan tugas dan fungsi sosial control sebagai lembaga swadaya masyarakat (Non-Government Organization).

BACA JUGA:   Tindak Pidana Pengeroyokan Ketua SMSI Kabupaten Way Kanan, Kapolres Akan Bertindak Secara Profesional

“Ada beberapa program yang sedang dan akan dijalankan mengenai pemberdayaan perempuan, khususnya perempuan kepala keluarga atau single parent. Kita juga mengakomidir kegiatan para perempuan penggerak di bidangnya masing-masing,” tutur Nyamalik.

Sementara itu, koordinator bidang Investigasi dan Publikasi PPWI Pidie Jaya, Hermansyah, menambahkan bahwa pihaknya siap mendukung program Pemkab Pidie Jaya dengan menggandeng puluhan media online yang ada di Kabupaten Pidie Jaya. “Tugas kita dari pekerja media online antara lain untuk membantu mensosialisasikan program-program Pemkab Pidie Jaya kepada masyarakat luas,” kata Hermansyah.

Mengutip keterangan dari Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA, saat ini pihak DPN PPWI sedang membangun jaringan publikasi berskala besar berbasis pewarta warga dengan mengembangkan program sejuta media online. PPWI saat ini, demikian dikutip dari press release PPWI Nasional usai beraudiensi ke Kementerian Pertahanan, Kamis, 14 September 2023, sedang mengimplementasikan program sejuta media online.

Melalui program sejuta media online itu, PPWI mendorong dan mendukung para pewarta warga untuk membangun media-media online sebagai media publikasi masing-masing warga. Pola publikasi dan bermedia-massa yang dilakukan oleh para pewarta warga dengan menerapkan prinsip-prinsip jurnalistik yang baik dan benar akan meminimalisir munculnya pemberitaan asal-asalan dan berita bohong atau hoax.

PPWI meyakini bahwa pengembangan program sejuta media online merupakan wahana pendidikan bermedia yang baik dan benar serta bermanfaat bagi masyarakat. “Program ini dilaksanakan dengan tujuan membangun kesadaran bermedia-massa di tengah masyarakat, dari pusat hingga ke desa dan perkampungan. Jika program ini dapat dituntaskan hingga ke satuan pemerintahan terkecil di tingkat desa, kelurahan, bahkan ke RT/RW, maka setiap perkembangan dan peristiwa yang terjadi di manapun dapat terdeteksi dan terpublikasi dengan cepat. Misalnya, dalam hal Pemilu 2024 nanti, suasana di TPS dapat dipantau melalui pemberitaan oleh para pewarta warga yang ada di masing-masing TPS. Termasuk hasil-hasilnya dapat diketahui dan terpublikasikan dengan cepat,” ungkap Wilson Lalengke dalam pernyataan persnya beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:   Polda Sumbar Menghimbau Agar Masyarakat Waspada Peredaran Uang Palsu

Pertemuan PPWI Pidie Jaya di Pendopo Wakil Bupati ini dimulai pada jam 09.40 dan berakhir pukul 11.30 WIB. Acara silahturahmi yang diliputi suasana hangat dan kekeluargaan itu ditutup dengan foto bersama, sebelum Wakil Bupati Pidie Jaya Waled menunaikan tugas hariannya. (MEG/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *