November 2023 Semakin Dekat, PPWI Siap Implementasikan Program Bulan Bakti Pewarta Warga

Avatar
banner 120x600

Jakarta – Memasuki usiannya yang ke-16 tahun pada tanggal 11 November 2023 mendatang, Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN PPWI) menetapkan bulan November dari tanggal 01 s/d 30 November setiap tahunnya, sebagai Bulan Bakti Pewarta Warga, yang akan diisi dengan berbagai kegiatan bakti sosial kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat serta pemajuan pembenahan lingkungan hidup, baik di tingkat nasional maupun global. Bulan November 2023 mendatang merupakan pelaksanaan ketetapan ini untuk yang pertama kalinya.

Program yang dapat dilakukan oleh setiap pewarta warga, baik yang tergabung dalam wadah PPWI maupun pewarta warga secara umum, dalam Bulan Bakti Pewarta Warga, antara lain sebagaimana diuraikan berikut ini. Setiap pewarta warga dapat memilih kegiatan yang menjadi prioritas di tempatnya masing-masing, juga dengan mempertimbangkan ketersediaan sumber daya yang ada.

_Bidang Sumber Daya Manusia_
1. Pemberian Penghargaan kepada Guru Baik dan Dosen Baik Indonesia
2. Penganugrahan Penghargaan Peduli Veteran RI, Peduli Anak Yatim, Peduli ODGJ.
3. Pemberian Penghargaan untuk Jurnalis dan Pewarta Warga
4. Sertifikasi Kompetensi Wartawan dan Pewarta Warga
5. Pendidikan dan Latihan Jurnalistik bagi Wartawan dan Pewarta Warga
6. Pendidikan, Seminar, Pelatihan, Praktek Kerja Lapangan

_Bidang Sosial dan Kemanusiaan_
1. Mengadakan program Dompet Pewarta Warga Peduli.
2. Melaksanakan donor darah, sunatan massal, dan pemeriksaan kesehatan gratis.
3. Melakukan kunjungan bakti sosial, seperti ke panti jompo, panti asuhan, kaum dhuafa, rekan/sahabat yang sakit, rekan/sahabat di rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan, dan kelompok masyarakat rentan lainnya.
4. Memberikan bantuan fasilitas bagi warga yang memiliki keterbatasan, seperti kursi roda, tongkat tunanetra, buku braille, dan lain-lain.
5. Mengumpulan dan penyaluran buku perpustakaan untuk sekolah-sekolah yang membutuhkan.
6. Menyelenggarakan doa bersama intra dan atau lintas agama dan program bela masyarakat termarginalkan.

BACA JUGA:   Dorong Masyarakat Pulih dan Bangkit, Yonbekang-3/Darat Gelar HUT ke-62

_Bidang Ekonomi dan Pemberdayan Masyarakat_
1. Melakukan Bedah Rumah bagi wartawan dan pewarta warga kurang mampu.
2. Menyelenggarakan diklat dan atau seminar kewirausahaan dan UMKM.
3. Melakukan penggalangan dana modal usaha bagi wartawan dan pewarta warga yang membutuhkan.
4. Membangun jaringan wirausaha mandiri di kalangan wartawan dan pewarta warga serta masyarakat umum.
5. Melaksanakan bazar UMKM dan pasar murah.
6. Mengembangkan program pemagangan dan bekerja di berbagai lapangan kerja yang tersedia, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.

_Bidang Seni, Budaya, dan Olahraga_
1. Menyelenggarakan lomba cipta lagu, antara lain lagu anak, lagu dangdut, lagu pop, lagu daerah, dan jenis lagu lainnya.
2. Menyelenggarakan lomba cipta karya seni bagi anak dan remaja.
3. Mengadakan kegiatan pertandingan olahraga antar wartawan, pewarta warga, dan masyarakat secara umum.
4. Melakukan kunjungan dan pertukaran pewarta warga antar daerah antar bangsa antar negara.
5. Menyelenggarakan festival, parade, dan pameran seni-budaya tradisional.

BACA JUGA:   Bapas Bandar Lampung Gandeng Permata Indonesia Kelola Griya Abhipraya

_Bidang Media dan Publikasi_
1. Mengembangkan media pewarta warga, baik kualitas maupun kuantitas.
2. Mengembangkan jaringan sejuta media online.
3. Membentuk Forum Pewarta Warga Watch.

Dalam pelaksanaannya, PPWI menyarankan beberapa hal, antara lain sebagaimana disebutkan di bawah ini. PPWI berharap setiap pewarta warga dapat berpartisipasi mengambil bagian dalam program Bulan Bakti Pewarta Warga tahun 2023 tersebut.

1. Setiap program dan atau kegiatan yang disebutkan di atas tadi dapat dilaksanakan di tingkat internasional, nasional, daerah, cabang, dan simpul-simpul pewarta warga di tempat atau daerah masing-masing.
2. Sangat disarankan agar setiap pewarta warga menjalin komunikasi, koordinasi, kolaborasi, dan kerjasama dengan berbagai pihak yang dapat diajak bekerjasama di lingkungan masing-masing.
3. Bagi wilayah yang sudah ada kepengurusan PPWI dan atau organisasi mitra pewarta warganya, kegiatannya dikoordinasi dan atau dipimpin langsung oleh pengurus dan anggotanya. Bagi yang belum ada, agar dapat dibentuk kelompok pelaksana (ad-hoc) Bulan Bakti Pewarta Warga.
4. Setiap kegiatan yang dilaksanakan agar didokumentasikan, dibuat berita, dan dipublikasikan secara bersama di media-media di jaringan PPWI Media Group dan mitra-mitranya.
5. Penting sekali bagi setiap pewarta warga untuk melibatkan sebanyak mungkin elemen masyarakat di lingkungan masing-masing dalam pelaksanaan kegiatan Bulan Bakti Pewarta Warga, baik sebagai pelaksana, pendukung, sponsorship, penyantun, donator, maupun sebagai peserta program kegiatan.
6. Setiap pengurus dan anggota PPWI serta pewarta warga secara umum dapat menambahkan kegiatan lainnya sesuai aspirasi masing-masing.

BACA JUGA:   PPWI Buka Pendaftaran Peserta Sertifikasi Kompetensi Wartawan, Ini Syaratnya

Selain itu, secara khusus PPWI mengharapkan kepada semua pihak, baik lembaga, instansi, kelompok, maupun perorangan, baik pemerintah maupun swasta, untuk menghubungi pengurus PPWI di wilayah masing-masing sekiranya ada program sosial yang ingin disalurkan kepada masyarakat. Dengan kata lain, apabila Bapak/Ibu akan menyalurkan bantuan sosialnya kepada warga yang perlu dibantu, Bapak/Ibu dapat menghubungi PPWI untuk membantu menyalurkan kepada warga sasaran bantuan. Sekretariat nasional PPWI dapat dihubungi melalui telepon 021-53668243 dan atau mobile 081286365336 (Eva Susanti) dan/atau 085772004248 (Mbak Wina).

Demikian informasi ini dikeluarkan dan dipublikasikan untuk menjadi referensi bersama dalam melaksanakan Bulan Bakti Pewarta Warga. Selamat dan sukses Bulan Bakti Pewarta Warga tahun 2023, dari tanggal 01 November sampai dengan 30 November 2023. Terima kasih. (APL/Red)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *