Kapolres Melawi, AKBP Muhammad Syafi’i, S.I.K., S.H., M.H., Mengimbau Kepada Masyarakat untuk Tidak Meninggalkan rumah dalam Keadaan Kosong

Avatar
banner 120x600

MELAWI KALBAR , (PI) Kapolres Melawi, AKBP Muhammad Syafi’i, S.I.K., S.H., M.H., Mengimbau kepada masyarakat untuk tidak meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Rabu (17/01/2024). Himbauan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pencurian dan kejadian lain yang dapat merugikan kita.

“Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dapat memberikan kesempatan bagi para pencuri untuk masuk dan melakukan tindakan kriminal. Tanpa adanya penghuni di dalam rumah, pencuri dapat dengan mudah masuk dan mengambil barang berharga yang ada di dalam rumah. Selain itu, rumah yang kosong juga menjadi target empuk bagi pelaku kejahatan lainnya, seperti perampokan atau vandalism”, Ucapnya.

“Selain risiko pencurian, meninggalkan rumah dalam keadaan kosong juga dapat menyebabkan kejadian lain yang tidak diinginkan. Misalnya, kebocoran pipa air atau korsleting listrik yang dapat menyebabkan kerusakan pada rumah. Jika tidak ada penghuni di dalam rumah, kerusakan tersebut mungkin tidak segera terdeteksi dan dapat berdampak lebih parah.

BACA JUGA:   Gerakan Aliansi Masyarakat (GAM) yang Berdomisili di Lampung Utara Dinyatakan Membubarkan Diri

“Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya pencurian dan kejadian lain saat kita tidak berada di rumah.

Pertama, pastikan rumah terkunci dengan baik sebelum pergi. Periksa semua pintu dan jendela untuk memastikan bahwa tidak ada yang terbuka atau rusak. Gunakan kunci ganda atau sistem keamanan tambahan jika perlu.

Kedua, minta bantuan tetangga atau kerabat untuk menjaga rumah saat kita tidak berada di rumah. Berikan mereka kunci cadangan dan minta mereka untuk memeriksa rumah secara teratur. Jika ada kejadian mencurigakan, mereka dapat segera menghubungi kita atau pihak berwenang.

Ketiga, gunakan teknologi keamanan seperti CCTV atau alarm rumah. Hal ini dapat membantu mencegah pencurian dan memberikan bukti jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:   KEGIATAN SOSIAL UMKM SRIWIJAYA INDONESIA DI KECAMATAN PAMPANGAN OKI SUKSES

Terakhir, jangan mempublikasikan keberadaan kita yang sedang tidak berada di rumah di media sosial. Hal ini dapat memberikan informasi kepada para pencuri bahwa rumah kita sedang kosong dan menjadi target empuk”, pungkasnya.
(*/Matnaji)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *