Cegah Kecurangan Pengisian BBM Jelang Mudik Lebaran, Polres Lampung Utara Cek SPBU

Avatar
banner 120x600

Lampung Utara – (PI) Polres Lampung Utara melakukan pengecekan stok bahan bakar minyak (BBM) dan akurasi takaran mesin pompa serta kemungkinan BBM tercampur air di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Kabupaten setempat, Jumat (29/3/24).

Kapolres Lampung Utara AKBP Teddy Rachesna, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan, kegiatan dilakulan untuk memastikan akurasi takaran mesin pompa pengisian BBM yang sesuai dengan dasar transaksi perdagangan dan memastikan semua SPBU melayani masyarakat dengan baik.

“Pengecekan dilakukan untuk antisipasi terjadinya kecurangan dan kelangkaan BBM jelang mudik lebaran 1445 H,” kata Kapolres.

Ia menjelaskan, pengecekan dilakukan di SPBU jalan Sukarno Hatta dan SPBU 24.345.19 Desa Bandar Kagungan Raya Abung Selatan.

BACA JUGA:   Pimpin Apel Mingguan, Bupati Adipati Kembali Tegaskan Beberapa Hal 07 Agustus 2023

“Telah dilakukan pengecekan dispenser yang ada di SPBU tersebut, hasilnya setelah dilakukan kalibrasi masing-masing dispenser SPBU sesuai standar tera sah dan segel dalam keadaan baik,” ucap AKBP Teddy.

Menurut dia, pemeriksaan akan digelar rutin untuk melindungi masyarakat dari kecurangan, terutama ketika arus mudik lebaran nanti.

Kapolres mengimbau, pada pengusaha SPBU agar tidak mengutak-atik takaran di mesin pompa BBM, serta menjamin bahan bakar tidak tercampur air maupun kontaminasi lainnya.

“Kami tidak segan-segan memberikan sanksi tegas, seperti penyegelan dan pidana jika ditemukan mencurangi meteran pengisian BBM,” tegasnya.

(*)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *