Kakan SAR Kepulauan Mentawai Himbau Masyarakat Untuk Memperhatikan Keselamatan Mudik Lebaran

Avatar
banner 120x600

Kepulauan Mentawai, ( PI ) Menjelang Hari Raya Idhul Fitri 2024 tentunya arus mudik, pergi dan datang dari Mentawai ke Kota Padang Tercinta, sangat padat.

Sedangkan untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran 2024, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai berusaha keras terus meningkatkan keselamatan warga selama libur Lebaran, Kakansar Kepulauan Mentawai, dengan dengan tegas, menyatakan kesiapan para Tim SAR serta meminta masyarakat untuk tetap waspada dan mematuhi protokol keselamatan.

Adapun langkah ini diambil guna memastikan keamanan dan keselamatan para pemudik yang akan melintasi wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Propinsi Sumatra Barat.

Hal tersebut, dikatakan Kepala Kantor SAR Mentawai, Rudi, SE, dalam sambutannya bahwa dengan pihaknya telah memperkuat tim SAR serta meningkatkan kewaspadaan di sejumlah titik rawan kecelakaan laut dengan melibatkan sebanyak 42 personel bertempat di lapangan kantor SAR Kepulauan Mentawai.

BACA JUGA:   PPWI Gelar Buka Bersama dan Santunan Yatim Piatu di Darul Aytam Al-Aziziyyah Bekasi

“Kami telah menyiapkan segala kebutuhan dan peralatan yang diperlukan untuk merespons setiap situasi darurat yang mungkin terjadi selama musim mudik Lebaran,” terang Rudi.

Selain itu, Kantor SAR Mentawai juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan laut agar memperhatikan faktor keselamatan dan mematuhi semua peraturan yang berlaku.

“Kami mengimbau agar para pemudik memeriksa kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum berangkat serta selalu menggunakan alat keselamatan saat berlayar,” tambah rudi.

Dengan adanya kesiapan dan langkah preventif ini, diharapkan para pemudik dapat merayakan momen Lebaran dengan aman dan tiba di tempat tujuan dengan selamat. Kantor SAR Mentawai siap memberikan bantuan dan perlindungan maksimal bagi setiap orang yang membutuhkan selama musim mudik lebaran pada tahun 2024 ini,” katanya.

BACA JUGA:   Wartawan Kecewa Liputan Dibatasi Humas Polres Way Kanan , Mau Konfirmasi Kasus Penipuan Polisi , TI dan Batu Bara

Untuk pendukung pekerjaan ini, diperlukan peralatan, diantaranya:

1. KN SAR Ramawijaya 1 unit, RIB (Rigid Inflatable Boat) 2 unit dan perahu karet 9 unit untuk fasilitas laut.

2. Fasilitas unsur Darat di bekali Rescure Carrier 1 unit, Rescue Truck Compartmens 1 unit, D-Max Double acabin 2 unit, Truck personel 2 unit dan motor Trail 2 unit.

Kemudian peralatan utama darat meliputi, Long spiral board, Drone, Ringbuoy, Aqua Eye, Live Best, Peralatan Medis, Peralatan Selam, SCBA, Kompresor, Peralatan VAR, Alat proteksi diri juga dilengkapi dengan Radio Komunikasi. Dan semua ini dilakukan demi untuk kelancaran tugas dilapangan.

( NNL).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *