Dinas Perikanan Kepulauan Mentawai Serahkan Bantuan Mesin Tempel Pada Kelompok Nelayan Di Siberut

Avatar
banner 120x600

Mentawai, pewarta investigasi.com (PI) Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Propinsi Sumatera Barat, secara langsung mendatangkan yang sekaligus menyerahkan bantuan mesin tempel khusus untuk kelompok nelayan sebagai bagian dari program pengembangan kapasitas nelayan kecil tahun 2024. Acara penyerahan mesin tempel ini berlangsung di Kantor Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara,Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, pada 29/5/2024.

Selain Kadis Perikanan Zakirman,S.Pt dan Kabid tangkap juga turut hadir
dalam acara penyerahan mesin tempel tersebut dua anggota DPRD dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, Julius Terarak dari Partai PDIP, dan Melki Sapalenggu dari Partai Hanura, Kamtibmas, dan Babimsa.

Bantuan mesin tempel ini disalurkan kepada kelompok nelayan terpilih dari empat desa di dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Siberut Utara, Desa Sikabaluan dan, Kecamatan Siberut Barat (Betaet). Desa penerima bantuan meliputi Sirilogui, Sigapokna, Simalegi Muara Siberut Barat, dan Betaet.

BACA JUGA:   Desak Dinas Koperasi Dan UMKM Banten, Aktivis Desak Dinas Koperasi dan UMKM Banten, Tertibkan dan Cabut Badan Hukum Usaha Bank Keliling Berkedok Koperasi

Camat Siberut Utara yang diwakili oleh Kasi dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kepulauan Mentawai atas bantuan mesin tempel yang disalurkan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kemudian,Kadis Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai Zakirman S.Pt menyampaikan pesan dari PJ Bupati Fernando JS tentang bantuan mesin tempel ini, agar dapat di pergunakan sesuai dengan keperluan kelompok nelayan. Dan jangan ada yang di jual, kelompok harus bertanggung jawab untuk dapat melaporkan hasilnya kepada Dinas terkait.

Kadis Perikanan Zakirman, S.Pt, menambahkan bahwa pentingnya pengawasan terhadap penggunaan mesin tempel tersebut, yang diberikan kepada kolompok nelayan. Dia menegaskan bahwa pengalihan atau penjualan mesin tersebut akan melanggar hukum dan dapat diproses secara hukum yang berlaku di negeri ini.

BACA JUGA:   Jembatan Way Sabuk Jalinteg Rusak Parah, Ini Himbauan Polres Lampung Utara

Kedepan, lanjut Kadis Perikanan, kelembagaan kelompok dan pengguna mesin tempel akan tetap diawasi serta didampingi oleh penyuluh perikanan yang ada di kecamatan bersama Babinkamtibmas dan Babinsa sehingga dimasa datang dapat ditingkatkan hasil nelayan perikanan tangkap juga berupaya untuk melengkapi kebutuhan es bagi nelayan dimana agar hasil dari tangkapan ikan terjaga baik dan terjual dipasaran.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai dari Dapil Pemilihan Siberut Utara, Julius Tararak, mengatakan bahwa bantuan ini bertujuan untuk memperbaiki tarap hidup juga meningkatkan pendapatan hasil nelayan.

Di acara tersebut, dari Partai Hanura Melki Sapelenggu juga menekankan perlunya evaluasi terhadap program ini guna memastikan manfaatnya bagi kelompok nelayan. Kepada Dinas Perikanan agar terus memberikan pembinaan dan pengawasan bagi kelompok nelayan.

BACA JUGA:   Pondok Pesantren An’nur Mengadakan Giat Rutin Malam Minggu Pon Sholawat dan Pengajian kitab Arbain Nawaw sekaligus Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 2023 H/1445 M

Dari salah satu seorang anggota kelompok nelayan, Markalius dari Desa Sirilogui, menyambut baik adanya bantuan mesin tempel tersebut. Dia menyampaikan harapannya bahwa bantuan ini akan daapat meningkatkan pendapatannya karena bisa meningkatkan efisiensi dalam kegiatannya melaut.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa mesin tempel merek Yamaha sebanyak 94 unit yang terdiri dari 65 unit mesin 4 PK dan 31 unit mesin 15 PK , pada 3 kelompok di Kecamatan Siberut Utara, dan 8 kelompok di Kecamatan Siberut Barat. Dan dengan adanya bantuan mesin tempel, Semoga dapat menambah dan meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan yang lebih baik ke masa yang akan datang.

(NNL).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *