Polres Way Kanan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Avatar
banner 120x600

Way kanan (PI) Polres Way Kanan, melaksanakan upacara peringati hari lahirnya Pancasila di lapangan apel Mako Polres Way Kanan. Sabtu (01/06/2024).

Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo dengan dihadiri Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran, anggota dan ASN Polres Way Kanan

Upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB, dengan pengibaran sang saka merah putih dihadapan peserta upacara, Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo menjadi Inspektur upacara juga dijadwalkan bertugas membacakan teks Pancasila dan pembacaan Undang-Undang 1945 oleh Bripka Eko Wahyudi.

Dalam upacara, AKBP Pratomo Widodo membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi bahwa pada hari ini, (tanggal) 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

BACA JUGA:   Kabupaten Lampung Tengah, Masih Menjadi Juara Bertahan Sebagai Kabupaten Dengan Angka Perceraian Tertinggi di Provinsi Lampung

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila
Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan
segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai – nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

BACA JUGA:   PJ Kakam Sai Umpu Adakan Gotong Royong di kampung sai Umpu

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Mengakhiri pidato ini, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.
Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

; Suin kasihati

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *