Rektor UNP Prof Ganefri Resmi Mundur Dari Bursa Cagub Sumbar 2024

Avatar
banner 120x600

Padang, pewarta investigasi.com.(PI).Prof Ganefri menyatakan mundur dari bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat (Sumbar) 2024 usai sempat didorong oleh Ikatan Alumni Universitas Negeri Padang ( Iluni UNP).

Ganefri yang akan mengakhiri jabatannya sebagai Rektor UNP pada 5 Juni 2024 itu membeberkan dua alasannya ia tidak lagi ikut ‘cawe-cawe’ dalam kontestasi Pilgub 2024 mendatang setelah melalui kajian matang dan pemikiran mendalam.
Pertama, katanya, ia akan fokus membantu UNP dalam mengambangkan diri setelah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

“Tugas PTN BH saat ini cukup berat, apalagi saat ini UNP sedang berupaya optimal menjadi World Class University (WCU) di Indonesia. Saya tidak mungkin meninggalkan begitu saja Rektor UNP yang baru dalam mengemban amanah besar menjalankan PTN BH ini,” katanya, pada wartawan, Sabtu 1/6/2024.

BACA JUGA:   HI.Romli Wakil Ketua DPRD minta Polisi ungkap kasus kematian Azwaragil pemuda Kampung Gunung Sari Tewas di tembak

Selain itu, katanya, jika maju sebagai Calon Gubernur Sumbar, maka dirinya harus mundur dari Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga tidak bisa lagi ikut campur optimal membantu kemajuan UNP ke depan
Alasan kedua, katanya, dirinya ingin membantu kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya di Sumbar, mengingat dirinya juga berstatus guru besar atau profesor.

” Saya masih berkeinginan menjadikan Sumbar sebagai provinsi destinasi pendidikan di Indonesia,” katanya.

Pria yang mendapat predikat Rektor Terbaik Indonesia tahun 2023 ini, mengatakan, salah satu yang akan ia lakukan adalah mendorong Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumbar untuk meningkatkan kualitas agar tumbuh dan berkembang.

BACA JUGA:   Gerak cepat Inspektur turunkan Tim turun di dua Kecamatan Negeri Besar dan Kasui Tentang Pengangkatan Aparat Kampung.

“Semua PTN dan PTS harus tumbuh dan berkembang sesuai keciriannya dengan meningkatkan kualitas dan itu yang akan saya bantu. Apalagi saat ini saya juga membantu pengembangan Universitas Bung Hatta (UBH) dan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumbar,” terang Rektor UNP ini.

Jika Propinsi Sumatera Barat, kedepan menjadi destinasi pendidikan di Indonesia, Ganefri yakin akan berimbas pada kenaikan pendapatan daerah dan Indonesia.

“ Dan itu telah dibuktikan oleh salah satu negara tetangga Indonesia, yaitui Australia yang telah menjadikan negaranya sebagai salah satu negara destinasi pendidikan dan menjadi salah satu sumber pendapatan negaranya yang terbesar,” ungkap Ganefri.

( NNL).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *