Bupati Suhatri Bur,SE.MM Pentingnya Kolaborasi Lintas Sektor Untuk Wujudkan Padang Pariaman Sehat

Avatar
banner 120x600

Padang Pariaman, pewarta investigasi.com. (pi). Dalam rangka mendorong komitmen bersama dan keterlibatan nyata setiap lintas sektor dalam implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Padang Pariaman, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan koordinasi mitra gerakan masyarakat hidup sehat tingkat Padang Pariaman.

Kegiatan berlangsung di Hotel Truntum,Kota Padang pada Rabu, 12/6/2024 dibuka oleh Bupati Kabupaten Padang Pariaman Suhatri Bur.

Bupati Suhatri Bur pada sambutannya, mengungkapkan, Kabupaten Padang Pariaman telah memiliki regulasi sendiri tentang pelaksanaan GERMAS. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Padang Pariaman Nomor 31 Tahun 2019 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Ia menambahkan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan sebuah keniscayaan yang harus diupayakan oleh berbagai pihak, bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan semata.

BACA JUGA:   Utamakan Keamanan dan Keselamatan masyarakat, Polres Lampung Utara laksanakan PAMGATUR

“Dengan komitmen kita bersama untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, maka Kabupaten Padang Pariaman sehat akan tercipta dan akan menekan angka penyakit tidak menular di Indonesia khususnya di Kabupaten Padang Pariaman,” sebut Bupati Suhatri Bur.

Sebelumnya Bupati Suhatri Bur turut memaparkan, perubahan pola perilaku masyarakat dalam 30 tahun terakhir ini menyebabkan perubahan pola penyakit. Dewasa ini, banyak ditemui pasien dengan penyakit tidak menular dibandingkan dengan penyakit menular, seperti stroke, serangan jantung, diebetes melitus, dan lainnya.

“Penyakit tidak menular itu tidak hanya menyerang usia tua, tetapi telah bergeser menyerang usia muda dari semua kalangan, baik yang tinggal di desa maupun yang tinggal di kota,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Asistensi Fungsi Keuangan Tahun Anggaran 2023 di Lingkungan Polri, Kapuskeu Polri Kunjungi Polres Way Kanan

Oleh karena itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengimbau masyarakat untuk menggalakkan hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, rajin mengkonsumsi buah dan sayur, cek kesehatan secara berkala, tidak merokok, serta menggunakan jamban sehat.

Acara dihadiri oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Ketua TP-PKK, dan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama tentang kesiapan mendukung pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat di Kabupaten Padang Pariaman, Propinsi Sumatera Barat.

( NNL/Desy).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *