Serieli BW,SH Luncurkan Konsep Inspektorat Menyapa Masyarakat Kepulauan Mentawai

Avatar
banner 120x600

Mentawai, Pewarta Investigasi.com.Gagasan dan terobosan baru selalu muncul dalam pemikiran seorang yang ulet, rajin, santun dan punya integrasi serta loyal pada pimpinan. Dia adalah seorang pengawas dalam lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Propinsi Sumatera Barat.

Sekalipun dirinya seorang pengawas di lingkungan ASN yang cukup disegani, namun dalam kehidupan sehari- hari khususnya dalam lingkungan Inspektorat Kepulauan Mentawai, Serieli BW, SH yang menjabat Kepala terlihat ramah dan santun terhadap stafnya dalam memberi arahan dan masukan untuk melaksanakan suatu pekerjaan khususnya kemajuan pembangunan daerah.

Inspektorat Menyapa yang merupakan gagasan cemerlang dan terobosan baru yang diluncurkan oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Serieli BW,SH ketika ditemui Wartawan diruang kerjanya, 28/6/2024 Kecamatan Sipora, menerangkan, bahwa Inspektorat Menyapa merupakan salah satu rencana inovasi pada Inspektorat Daerah dalam bidang tata kelola pemerintahan. Dan ini merupakan target reformasi birokrasi agar terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik ( Good Governance).

BACA JUGA:   Diancam Golok, HR Ketakutan Hingga Laporkan Pelaku ke Polisi

Sedangkan untuk mewujudkan tujuan tersebut, kata Serieli BW,SH tentu sangat diperlukan sistem pemerintahan yang tertata dan terkelola dengan baik dan juga dibutuhkan peran serta semua pihak dan termasuk masyarakat diberi ruang dan waktu untuk menyampaikan aspirasi, masukan dan kritikan yang diperlukan oleh penyelenggara pemerintahan dalam rangka menuju perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, terbuka juga bebas melayani.

Pada era digitalisasi saat kini, kata Kepala Inspektorat Serieli BW bahwa peran sosial media sangat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah di berbagai bidang. Dengan media sosial setiap orang dapat menyampaikan aspirasi, pendapat kritikan tanpa adanya batas. Dan oleh karena itu, komunikasi antara penyelenggara pemerintahan dengan stakeholder, termasuk masyarakat perlu dibangun tetap berlandaskan pada kebebasan mengeluarkan pendapat, namun harus juga dapat dipertanggungjawabkan.

BACA JUGA:   Rakor Persiapan Menyambut HUT Kabupaten Lampung Utara ke-77 Tahun 2023

Melalui Inspektorat Menyapa, tambah Serieli BW,SH setidaknya akan mengubah konsep pengawasan yang selama ini ” MEMANGGIL” kini menjadi “MENYAPA.”

M : mendengar persoalan keluhan serta saran dalam penyelenggaraan pemerintahan.
E : Elaboratif untuk memahami inti persoalan
N : Naratif yang persuasif dan humanis.
Y : Yakin dalam bertindak berlandaskan integritas dan kompetensi.
A : Akuntabel dalam menyelesaikan persoalan
P : Proaktif dalam memberikan Early waring system.
A : Apresiasi terhadap peran serta masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan pemerintahan.

Sedangkan maksud dan tujuan yang hendak dicapai dalam periode 2023- 2026, utamanya dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berkualitas, baik, bebas dari KKN dan juga bebas untuk melayani. Mewujudkan kualitas pengendalian dan pengawasan yang profesional juga dapat dipertanggungjawabkan. Tercapainya laporan Keuangan Daerah dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian. Dan terwujudnya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dengan nilai paling mura g level 3. Tercapainya tindak lanjut hasil pemeriksaan paling kurang 80 % , juga dapat tercapainya Pembangunan Integritas paling kurang 2 OPD serta terwujudnya budaya integritas dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

BACA JUGA:   Terpilih Ketum HMl Cabang Kotabumi Yosep Alipio :" Tugas kita adalah tetap menjaga solidaritas organisasi".

Inspektorat Menyapa, ungkap Serieli BW di bulan Juli 2023 sudah dilaksanakan dan akan terjun langsung ke tengah masyarakat dari rumah ke rumah, warung ke warung dan OPD yang melibatkan para Jurnalis.

( NNL).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *