BIMBINGAN TEKNIS PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SMART VILLAGE PROVINSI LAMPUNG

Avatar
banner 120x600

Lampung Utara (PI) Pada tanggal 3-5 Juli 2024, Hotel Amalia Bandar Lampung menjadi saksi acara penting yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur dari Desa-Desa dari 9 Kecamatan. Yaitu Kecamatan Sungkai Jaya, kecamatan Sungkai selatan, kecamatan Sungkai Tengah, kecamatan kota Bumi utara, Kecamatan Bukit Kemuning, kecamatan kotabumi, kecamatan Abung Timur, kecamatan Abung Surakarta, kecamatan Kota Bumi Selatan, dalam rangka implementasi Program Smart Village. Acara ini dibuka secara resmi oleh Camat Sumgkai Selatan

Bpk Ediyansyah.SH.MM menandai komitmen pemerintah daerah dalam memajukan kualitas hidup masyarakat pedesaan melalui inovasi teknologi.

Program Smart Village di Provinsi Lampung bertujuan untuk mengubah lanskap ekonomi dan sosial di daerah pedesaan dengan memanfaatkan teknologi modern. Ini tidak hanya melibatkan pengembangan infrastruktur digital, tetapi juga pemberdayaan masyarakat untuk menggunakan teknologi secara efektif dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:   Pengadaan Mobil Dinas di Lingkup Pemkot Cilegon Diduga Kangkangi Aturan, PPWI Jabar - Banten Ambil Sikap

Acara bimbingan teknis ini memiliki beberapa tujuan utama:

Peningkatan Pengetahuan: Mendalami konsep Smartvillage dan teknologi yang relevan untuk pengembangan lokal.

Pengembangan Keterampilan: Mengasah keterampilan dalam manajemen proyek, pengelolaan data, dan penerapan teknologi di tingkat kecamatan.

Stimulasi Kolaborasi: Mendorong kerja sama antar kecamatan dan dengan pihak terkait untuk memaksimalkan efektivitas program.

Acara ini dirancang untuk mencakup berbagai kegiatan, termasuk:

Sesi Pelatihan: Presentasi dan diskusi tentang konsep Smart Village dan teknologi terkini yang dapat diterapkan.

Studi Kasus Lokal: Analisis kasus implementasi di daerah sekitar untuk pembelajaran yang lebih dalam.

Workshop Praktis: Berbagai kegiatan praktis untuk merancang solusi dan strategi berbasis teknologi.

Pembukaan resmi acara oleh Camat Sungkai Selatan Bpk Ediyansyajh,SH.MM yang mewakili dari beberapa kecamatan yang mengiuti bimtek Smartvillage pada tagal 3-5 juli di hotel amalia Bandarlampung. menjadi momen penting yang memperkuat komitmen bersama dalam menjalankan Program Smartvillage. Kehadiran dan dukungan mereka menunjukkan bahwa pemerintah daerah serius dalam memajukan inovasi dan kesejahteraan masyarakat pedesaan melalui pendekatan berbasis teknologi.

BACA JUGA:   Wakil Ketua TP PKK Kab. Lampung Utara Hj Devriyana Marda S. Kom Hadiri Acara Pengajian Triwulan PAC Muslimat NU Abung Surakarta

Dengan mengikuti bimbingan teknis ini, diharapkan aparatur dari Kecamatan Sungkai Jaya dan beberapa kecamatan lain akan dapat:

Memahami lebih dalam tentang potensi dan aplikasi teknologi dalam konteks pedesaan.
Mengembangkan strategi implementasi yang efektif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Acara bimbingan teknis ini merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan aparatur Desa sebagai agen perubahan dalam mewujudkan Smart Village yang inklusif dan berkelanjutan di Provinsi Lampung. Dengan demikian, diharapkan bahwa program ini tidak hanya akan mempercepat pembangunan di daerah pedesaan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Dengan demikian, artikel ini memberikan gambaran komprehensif tentang acara bimbingan teknis yang diadakan di Hotel Amalia BandarLampung, serta peran penting Camat membuka acara tersebut. (Erwan/Anizar.)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *