Presiden Joko Widodo Membuka Acara Rapat Kerja Nasional ke-16 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia

Avatar
banner 120x600

Jakarta (PI) Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-16 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Ok, Jakarta Pusat, hari Rabu (10/7/2024).

Rakernas ini diselenggarakan oleh Apkasi yang juga menyertakan Otonomi Expo dan Procurement Network.
Dalam acara ini, Jokowi didampingi oleh beberapa pejabat tinggi, antara lain Ketua Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan bahwa lima tahun terakhir merupakan periode yang penuh tantangan bagi Indonesia, mulai dari pandemi Covid-19, perkembangan geopolitik dunia, hingga gelombang El Nino dan La Nina. Indonesia telah menghadapi banyak krisis, seperti krisis kesehatan, ekonomi, pangan, keuangan, dan masalah kemanusiaan sebagai hasil dari kendala tersebut.

BACA JUGA:   Gandeng Eks Pemain Persib, Sukabumi Football Academy Sabet Banyak Prestasi Hingga Ikuti Jejak Turnamen Zlatan Ibrahimovic

Jokowi mengapresiasi masyarakat Indonesia karena mampu bertahan dari tantangan ini, apalagi disertai oleh berita baik bahwa ekonomi Indonesia masih tumbuh sebesar 5,1% pada kuartal pertama 2024 meskipun kondisi yang sulit pada lima tahun terakhir.

“Negara-negara ini sangat sulit untuk bertahan dengan pertumbuhan produk domestik bruto di atas 5%,” ungkap Jokowi.

Jokowi menjabarkan bahwa dalam sekarang ini, negara-negara bersaing bukan lagi berdasarkan negara mana yang besar dan kekuatannya mengalahkan negara mana yang lebih kecil atau lemah, tetapi negara mana yang lebih cepat dalam layanan publik, dalam sistem mobilitas untuk orang dan barang.

Dalam kaitan dengan ini, Jokowi ingin Indonesia menjadi negara yang cepat dalam melihat beberapa prioritas layanan publik, mobilitas barang dan orang. Ia juga mengingatkan tentang pentingnya mampu mengelola daerah kabupaten, provinsi, dan negara dengan cerdas, mampu membuat keputusan dalam mengelola keuangan, anggaran, dan mempunyai kebijakan yang bijaksana.

BACA JUGA:   Unit Reskrim Polsek Ambawang Berhasil Ungkap Pelaku Tindak Pidana Pencurian

“Setelah mengarungi 5 tahun, ini menjadi pengalaman bersama kita, betapa kita semakin dewasa dan semakin pintar dalam mengelola daerah kabupaten, provinsi, mengelola negara, mengelola keuangannya, dalam mengambil kebijakannya mengelola anggaran.” ujar Jokowi.

Dalam rakernas ini Apkasi dan peserta yang hadir mendiskusikan beberapa hal penting berkaitan erat dengan kebijakan pemerintah terkait otonomi daerah serta pengadaan barang dan jasa. Selain itu dalam Otonomi Expo dan Procurement Network Apkasi terdapat beragam produk dan jasa yang dapat menjadi ruang bagi kabupaten/kota dalam memperkenalkan produk andalan yang lebih baik sehingga dapat memperkuat daya saing daerah sebagai destinasi investasi.

Acara ini akan berlangsung hingga 12 Juli 2024 dan menjanjikan untuk meresmikan agenda kerja ke depan yang lebih baik dan lebih efektif yang akan menjadi konteks bagi pemikiran kebijakan pemerintah serta pemangku kepentingan dalam rangka memperbaiki ekonomi nasional dan pemerataan pembangunan pada daerah Indonesia.

BACA JUGA:   Pengurus DPW LSM Propinsi Sumatera Barat.Salurkan Bantuan Dana KeMasyarakat Sungai Pua Dan Nagari Bukik Batabuah Kabupaten Agam

(Diskominfo-Lu/Red)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *