banner 728x250
DAERAH  

Warga Kampung Tanjung Raja Giham keluhkan Limbah Sawit PT Way Kanan Sawit Indomas cemarkan sunga Way Giham

Avatar
banner 120x600
banner 468x60

Way kanan. (PEWARTAINVESTIGASI) Sudah berjalan berminggu-minggu masyarakat Kampung Raja Gimah Kecamatan Blambangan Umpu keluhkan limbah sawit yang berasal dari PT Way Kanan Sawit Indomas cemari sungai Way Giham . MINGGU (15/10)

Sungai Way Giham yang digunakan sehari-hari untuk air bersih , mandi dan mencuci tidak dapat dipakai karena sudah tercemar oleh limbah sawit yang berasal dari Pabri PT Way Kanan Sawit Indomas.

banner 325x300

Selain itu juga masyrakat yang sehari-hari mencari ikan di Way Giham juga merasa di rugikan , karena limbah dari pabrik ini sangat dirasakan ketika mencari ikan penglihatan didalam air sungai sangat gelap seperti air kopi dan air sungai lengket di badan dan pakaian .

BACA JUGA:   Berangkatkan Ratusan JCH Pesan Bupati OKI: Pelihara Wudhu

Keluhan ini disampaikan warga dusun 4 Kampung Tanjung Raja Giham bernama Edison yang merasa tertanggu dengan tercemarnya sungai Way Giham oleh Limbah pabrik Pt Way Kanan Sawit Indomas.

” Sungai Way Giham tercemar oleh limbah pabrik sehingga tidak bisa kami gunakan seperti biasa untuk air bersih , mandi dan mencuci.” Ujarnya.

Kami minta agar Pemerintah daerah agar dapat meninjau dan melarang pabrik sawit untuk membuang limbahnya ke sungai yang kami gunakan untuk kebutuhan sehari-haro.” Pungkas Edison.

Hal serupa disampaikan juga oleh salah satu pemuda yang biasa mencari ikan di sungai Way Giham mengeluhkan keadaan sewaktu menanah ikan bahwa jarak penglihatan kabur karena air sungai berwarna hitam seperti air kopi dan air katika kena badan dan rambut lengket seperti berminyak.

BACA JUGA:   Diduga tipu gelap Uang 2 Milyar Kuasa Hukum Akan Melaporkan Bupati Lampung Tegah

Dengan adanya pencemaran ini warga minta Pemkab Way Kanan melalui Dinas Terkait agar ikut mengawasi pemcemaran air Way Giham yang merugikan masyrakat terutama di musin kemarau ini.

Selain itu juga masyrakat Kampung Tanjung Raja Giham minta agar PT Way Kanan Sawit Indomas segera menghentikan pemcemaran Sungai dan memberikan ganti rugi kepada masyrakat selama ini.

Apabila tidak ada solusi dari PT Way Kanan Sawit Indomas warga akan berdemo ke pabrik agar pabrik di hentikan beroperasional .(Suin)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *